Tongkonan Rumah

Filosofi Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja Dari Sulawesi

Banyak rumah adat yang konon dikatakan tongkonan di sillanan, tetapi menurut masyarakat setempat, bahwa yang dikatakan tongkonan hanya 12 seperti tercatat di atas. bentuk konstruksi atau wujud keseluruhan dari tiga jenis rumah tongkonan tana toraja hanya satu. Oct 7, 2019 tongkonan memiliki banyak makna tongkonan rumah yang menjadi cerminan masyarakat tradisional toraja. inilah 5 fakta menarik terkait rumah adat toraja ini. Jan 27, 2017 tongkonan merupakan rumah adat toraja yang punya makna. mulai dari status sosial sampai arti hidup, semua terukir di sana.

1. tongkonan rumah philosophy of tongkonan. tongkonan is traditional house from tana toraja, south sulawesi. it has unique form corresponding to the shape of a boat that you can see from its roof. many believe that tongokonan also resembles traditional house from padang, rumah gadang. tongkonan gets its name from the word tongkon which means to sit. tongkonan. Mar 12, 2017 bilah-bilah itu berkaitan. atap rumah tongkonan berbentuk mirip perahu dengan banyak tanduk kerbau digantung di depannya. deretan rumah . Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng). di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. bagian dalam ruangan dijadikan tempat tidur dan dapur. berasal dari kata tongkon (artinya duduk bersama-sama).

Nama Rumah Adat Toraja Dilengkapi Gambar Dan Penjelasan

Tongkonan is the traditional ancestral house, or rumah adat of the torajan people, in south sulawesi, indonesia. tongkonan have a distinguishing boat-shaped and oversized saddleback roof. like most of indo's austronesian-based traditional architecture tongkonan are built on piles. the construction of tongkonan is laborious work and it is usually built with the help of all family members or friends. 27 jan 2017 tongkonan merupakan rumah adat toraja yang punya makna. mulai dari status sosial sampai arti hidup, semua terukir di sana. Rumah tongkonan terbuat dari kayu uru. atap rumah tongkonan yang terbuat dari bambu juga terlihat unik karena bentuknya yang menyerupai perahu. hal ini menjadi pengingat bahwa leluhur masyarakat toraja menggunakan perahu untuk sampai di sulawesi. Rumah tersebut dikenal dengan nama tongkonan atau rumah leluhur. namun berbicara mengenai rumah adat toraja, tentu kita perlu juga menyebutkan banua. rumah yang disebut banua ini hanya dihuni masyarakat biasa. sedangkan tongkonan sendiri merupakan rumah yang khusus dihuni kaum bangsawan suku tongkonan rumah toraja.

Rumah tongkonan dianggap sebagai perlambang ibu, sementara lumbung padi yang ada di depan rumah atau biasa disebut alang sura adalah perlambang ayah. adapun untuk menunjang fungsinya sebagai rumah tinggal, rumah adat sulawesi selatan ini dibagi menjadi 3 bagian, yakni bagian atas (rattiangbanua), bagian tengah (kale banua) dan bawah (sulluk banua). Rumah tongkonan dianggap sebagai perlambang ibu, sementara lumbung padi yang ada di depan rumah atau biasa disebut alang sura adalah perlambang ayah. adapun untuk menunjang fungsinya sebagai rumah tinggal, rumah adat sulawesi selatan ini dibagi menjadi 3 bagian, yakni bagian atas (rattiangbanua), bagian tengah (kale banua) dan bawah (sulluk banua).

Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja Media Indonesia

Jan 9, 2018 seluruh bagian rumah tongkonan ini memiliki makna tersendiri yang kental dengan unsur tradisi dan kepercayaan. More rumah tongkonan images.

Tongkonan Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Sebagai manusia yang hidup di era modern mungkin kamu nggak akan percaya dengan fakta menarik tongkonan, rumah adat tana toraja ini. Rumah adat tongkonan memiliki fungsi lain selain sebagai rumah. dalam budaya mereka, rumah tongkonan dianggap sebagai ibu, sementara alang sura (lumbung padi) merupakann bapaknya. sehingga tidak heran apabila anda berkunjung ke tana toraja akan menyaksikan deretan rumah adat tongkonan yang saling berhadapan dengan alang sura. Tongkonan is the traditional ancestral house, or rumah adat of the torajan people, in south sulawesi, indonesia. tongkonan have a distinguishing .

Tongkonan Wikipedia

Mengenal Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna

Tongkonan Fakta Rumah Adat Tana Toraja Celebes
Mengenal Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna

Jan 24, 2020 rumah tongkonan adalah rumah tradisional suku toraja yang terkenal karena tampilannya unik dan menarik. bisa dibilang ini adalah salah . Tana toraja tongkonan merupakan rumah adat toraja yang punya makna. mulai dari status sosial sampai arti hidup, semua terukir di sana. detiktravel mendapat undangan dari kementerian. Tana toraja memiliki berbagai tradisi dan kebudayaan seperti rumah adat tongkonan, kubur batu, juga upacara-upacara adat. salah satunya upacara tongkonan rumah adat  .

Tongkonan Rumah
5 Fakta Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna

Rumah tongkonan biasanya terbuat dari kayu uru merupakan salah satu kayu yang kuat. a. dinding rumah tongkonan. anda perlu ketahui uniknya rumah adat tongkonan ini sama sekali tidak menggunakan unsur besi pada pembuatan bangunannya. jadi tidak menggunakan paku sama sekali tongkonan rumah pada pembuatan rumah adat toraja ini. b. atap tongkonan. Ornamen rumah tongkonan berupa tanduk kerbau serta empat warna dasar yaitu: hitam, merah, kuning, dan putih yang mewakili kepercayaan asli toraja (aluk to dolo). tiap warna yang digunakan melambangkan hal-hal yang berbeda. warna hitam melambangkan kematian dan kegelapan. kuning adalah simbol anugerah dan kekuasaan ilahi.

24 jan 2020 rumah tongkonan adalah rumah tradisional suku toraja yang terkenal karena tampilannya unik dan menarik. bisa dibilang ini adalah salah . 11 mar 2018 rumah tongkonan adalah rumah khas dari toraja di sulawesi selatan. rumah ini dapat dikenali dengan mudah dari bentuk atapnya yang . Aug 26, 2019 pernahkah mengunjungi rumah adat tongkonan di tana toraja? konon rumah adat ini memiliki banyak keunikannya, lho.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Dalam Arab Tamu Ruang

Rumah Bentuk Teras L

Dari Rumah Padang Stik Es Krim Adat